Branding

 

Arti brand secara bebas adalah nama yang mengandung arti, jika kita mau berusaha, maka kita mulai dengan namanya, misalnya 

Teras, ketika kita menyebutkan nama itu, apa yang terlintas dalam fikiran orang?, enggak ada...

KEtika kita menyebutkan nama NIKE, apa yang terlintas dalam fikiran orang?

 sepatu, awet, mahal, dikenakan orang orang terkenal


Nike = nama

sepatu, awet, mahal, dikenakan banyak orang adalah Makna


Untuk membangun brand dibutuhkan 3 hal:

1. Blueprint (peta)

2. Delivery (dikomunikasikan)

3. Evaluation (dievaluasi, masukan dari konsumen)


Membangun brand.

berProses sejak terjadinya penjualan,  Experiences, Loyalty, Kultus, Pembela (vengelis), Tribes (Kelompok)


Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan, 

daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu yang singkat dan mudah diingat 

sebagai pengganti dari nama sebenarnya


Sebuah logo adalah simbol grafis yang mewakili orang, perusahaan atau organisasi. Atau lebih tepatnya sebuah logo 

mengidentifikasi bisnis atau produk dalam bentuk yang paling sederhana melalui penggunaan tanda atau ikon. 

Jika logo tersebut cukup terkenal, seperti logo Nike, Anda mungkin bahkan cukup melihat logo tanpa ada nama bisnis (Nike)

dalam logo tersebut, Anda akan tetap mengetahui bahwa logo tersebut adalah milik nike. Namun juga biasanya, 

kebanyakan tanda memiliki bagian tipografi yang lebih jelas merinci pada nama organisasi atau perusahaanya


Apa itu identitas brand (merek)?


Setelah logo dirancang itu akan diterapkan untuk berbagai aplikasi. Sebagai contoh seperti logo ditempatkan di bagian 

tengah atas selembar kertas atau sering disebut sebagai kop surat. Jika semua yang Anda lakukan pada dasarnya hanyalah 

menjadikan logo Anda menjadi cap logo atau stempel dan Anda tempelkan ke hal-hal yang berbeda, Anda benar-benar belum 

mengembangkan identitas brand secara penuh.


Apa Brand (Merek) ?


Apa itu branding? Brand atau Merek mempunyai tujuan dan makna yang lebih luas. Brand meliputi logo dan posisi visual 

lengkap dan dibuat dengan identitas merek yang kuat. Tetapi juga mencakup banyak aspek lain yang bukan bagian dari sisi 

desain yang ketat dari bisnis. Ini mungkin termasuk konten Anda, mempunyai pesan dan bercerita. Layanan pelanggan dan 

pengalaman klien juga merupakan bagian dari sebuah brand. Reputasi adalah bagian penting dari mendefinisikan kata Brand.


Kesimpulan

Logo dan Brand (merek) adalah dua hal yang berbeda. Keduanya sama-sama tidak bisa bekerja efektif tanpa dukungan satu sama lain. 

Brand membutuhkan logo sebagai representasi utama dalam membangun citra perusahaan. Sebaliknya, logo membutuhkan brand untuk 

mencapai fungsinya melalui bentuk bentuk yang lebih spesifik dalam membangun citra positif kepada konsumen.


3 kategori Brand:

1. Corporate Brand (jika posisi perusahaannya kuat dan baik) GE,HP dll

2. Produk Brand (Jika posisi produknya kuat) teh botol, Susu beruang, masako dll

3. Personal Brand (Jika posisi personalnya kuat) Merry Riana, Danu Sofyan Raja Cendol, Nadim Makarim, Yusuf Kala dll.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teras Meeting Room & Restaurant

SEJARAH SINGKAT CV.TERAS BANTEN JAYA