Branding
Arti brand secara bebas adalah nama yang mengandung arti, jika kita mau berusaha, maka kita mulai dengan namanya, misalnya
Teras, ketika kita menyebutkan nama itu, apa yang terlintas dalam fikiran orang?, enggak ada...
KEtika kita menyebutkan nama NIKE, apa yang terlintas dalam fikiran orang?
sepatu, awet, mahal, dikenakan orang orang terkenal
Nike = nama
sepatu, awet, mahal, dikenakan banyak orang adalah Makna
Untuk membangun brand dibutuhkan 3 hal:
1. Blueprint (peta)
2. Delivery (dikomunikasikan)
3. Evaluation (dievaluasi, masukan dari konsumen)
Membangun brand.
berProses sejak terjadinya penjualan, Experiences, Loyalty, Kultus, Pembela (vengelis), Tribes (Kelompok)
Logo merupakan suatu gambar atau sekadar sketsa dengan arti tertentu, dan mewakili suatu arti dari perusahaan,
daerah, organisasi, produk, negara, lembaga, dan hal lainnya membutuhkan sesuatu yang singkat dan mudah diingat
sebagai pengganti dari nama sebenarnya
Sebuah logo adalah simbol grafis yang mewakili orang, perusahaan atau organisasi. Atau lebih tepatnya sebuah logo
mengidentifikasi bisnis atau produk dalam bentuk yang paling sederhana melalui penggunaan tanda atau ikon.
Jika logo tersebut cukup terkenal, seperti logo Nike, Anda mungkin bahkan cukup melihat logo tanpa ada nama bisnis (Nike)
dalam logo tersebut, Anda akan tetap mengetahui bahwa logo tersebut adalah milik nike. Namun juga biasanya,
kebanyakan tanda memiliki bagian tipografi yang lebih jelas merinci pada nama organisasi atau perusahaanya
Apa itu identitas brand (merek)?
Setelah logo dirancang itu akan diterapkan untuk berbagai aplikasi. Sebagai contoh seperti logo ditempatkan di bagian
tengah atas selembar kertas atau sering disebut sebagai kop surat. Jika semua yang Anda lakukan pada dasarnya hanyalah
menjadikan logo Anda menjadi cap logo atau stempel dan Anda tempelkan ke hal-hal yang berbeda, Anda benar-benar belum
mengembangkan identitas brand secara penuh.
Apa Brand (Merek) ?
Apa itu branding? Brand atau Merek mempunyai tujuan dan makna yang lebih luas. Brand meliputi logo dan posisi visual
lengkap dan dibuat dengan identitas merek yang kuat. Tetapi juga mencakup banyak aspek lain yang bukan bagian dari sisi
desain yang ketat dari bisnis. Ini mungkin termasuk konten Anda, mempunyai pesan dan bercerita. Layanan pelanggan dan
pengalaman klien juga merupakan bagian dari sebuah brand. Reputasi adalah bagian penting dari mendefinisikan kata Brand.
Kesimpulan
Logo dan Brand (merek) adalah dua hal yang berbeda. Keduanya sama-sama tidak bisa bekerja efektif tanpa dukungan satu sama lain.
Brand membutuhkan logo sebagai representasi utama dalam membangun citra perusahaan. Sebaliknya, logo membutuhkan brand untuk
mencapai fungsinya melalui bentuk bentuk yang lebih spesifik dalam membangun citra positif kepada konsumen.
3 kategori Brand:
1. Corporate Brand (jika posisi perusahaannya kuat dan baik) GE,HP dll
2. Produk Brand (Jika posisi produknya kuat) teh botol, Susu beruang, masako dll
3. Personal Brand (Jika posisi personalnya kuat) Merry Riana, Danu Sofyan Raja Cendol, Nadim Makarim, Yusuf Kala dll.
Komentar
Posting Komentar